BDBH FILM

Sunday 28 September 2014

Movie & Local wisdom - Side Story

Indonesia kaya budaya, sebuah kalimat yang sangat familiar ditelinga semua orang indonesia, tapi kalimat yang sebenarnya cukup dilematis. simple aja, sebutkan 3 saja budaya khas di Indonesia? gampang - gampang susah buat dijawab kan? - saya sudah mencoba menjawab dan memang gampang - gampang susah buat dijawab hehehe. walaupun katanya akan budaya, namun dalam realitanya, kita tidak terlalu mengenal budaya negeri kita sendiri. terdengar menyedihkan memang.
Movie & Local wisdom menjadi awal perkenalan kami dengan diskusi film yang bertemakan budaya. dari situ juga kami sadar kalau film dengan yang mengangkat muatan lokal digempur dengan dahsyat oleh film - film pocong dan sebangsanya. sebangsa disini artinya termasuk yang baca hehehhe
film dengan judul pocong, suster ngepot atau hantu perawan (kasian banget, masih perawan dah jadi hantu hihihi) sangat laris diindonesia dan saking ramenya film bertemakan hantu gak jelas itu mungkir entar bakalan ada The Avengers Ghost Of Indonesia, kamu bayangin aja pocong, tuyul, suster ngepet dan kuntilanak bergabung jadi satu dan mereka menyelamatkan indonesia dari serbuan pemburu hantu! (Kill me please)

Budaya bangsa yang indah dan keren dalam bentuk film justru tergusur oleh budaya alay, gak jelas dan membosankan di film - film hantu yang konyol. sebenarnya sudah banyak orang yang koment atau cuap - cuap tentang film hantu hantuan yang banyak konten sex-nya. tapi film begituan bukannya tahu diri tapi justru seolah bangga. buktinya makin rame aja film bertema hantu dan sex (bokep nanggung, horor juga gak serem).

Kita emang gak butuh film yang berisi "ceramah", film yang seolah "menggurui", tapi sisi menarik dari film juga lenyap saat filmmaker kita nggak berusaha untuk melestarikan budaya lewat media film, seenggak - enggaknya kalau gak mau bikin film dengan tema budaya ya jangan film yang membodohi masyarakat dengan horor modern ala JAV.

Kami sadar, budaya adalah harta yang berharga, yang harus kita jaga dan kita lestarikan. bukan hanya untuk entertainment semata atau sebagai hiburan saat acara resmi, tapi budaya harus menjadi warisan luhur bagi penerus bangsa ini. bila tidak bertindak dari sekarang, maka budaya luhur bangsa kita hanya akan menjadi memory yang didongengkan sebelum tidur. Zzzzzz.

0 comments:

Post a Comment